Sensasi SQ Mr. Nice – Toyota Camry 2001

    Author: BosMobil Lovers Genre:
    Rating

    ( Artikel Modifikasi BosMobil.com )  - 

    Beginilah jadinya bila mobil ingin tetap enak dipakai tanpa merubah tampilan originalnya. Liat aja tampangnya, masih terbilang standar-dar bukan …. Hampir tak ada ubahan apa pun disektor eksterior yang dilakukan oleh Erick.K alias si ‘Mr. Nice Man’ terhadap Toyota Camry keluaran 2001nya itu.
    Eiiitt…tapi jangan angap enteng dulu yaah, jangan mentang-mentang tampilan standar lalu diangap remeh atau cupu. Layaknya konsep “bodi menipu wajah”, itulah yang dilakukan si Mr. Nice terhadap mobilnya ini. Penasaran kan apa yang dimaksud dengan tipuan tampilannya…?

    Ternyata diam-diam Mr Nice ini telah menyimpan senjata andalanya yang berupa instalasi audio system di dalam sedan premium ini. Apa yang diaplikasi oleh Mr Nice bukan sembarangan audio sebagai kosmetik atau syarat pada kendaraan saja lhoo, namun strata audio yang disandang oleh Mr nice memiliki taraf SQ alias Sound Quality yang memang benar-benar mengklimakskan suara-suara indah dan merdu di telinga pendengarnya.

    Perangkat audio dengan kelaengkapan seperti head unit 9861E dari Alpine, prosesor PXA + RUX 701, system speaker 3 way dari tweeter Seas, midrange Viva dan midbass Venture dipercaya sebagai output suara indah yang lalu di perkuat dengan power Planet Audio HVT 754 , Hifonics Zeus, juga VENOM.


    Bukan hanya perangkat audio saya yang coba diterapkan, untuk mendukung taraf kualitas audionya, maka Mr. Nice juga turut mengarap sedikit tampilan interiornya dengan beberapa apparel tambahan guna memberikan kenyamanan seperti, custom leather dan juga jok kursi layaknya sedan premiumclass. Bahkan di sektor kaki-kaki juga telah di upgrade dengan menggunakan peredam kejut keluaran GAB Wagon Adjustable yang dinilainya lebih memberikan kenyamanan dikala berkendara.

     
    Tak perlu banyak cang-cing-cong, kita lansung aja bahas masalah utama yang menjadi sorotan utama dari Camry Mr Nice ini, tentunya pada bagian audionya … karena ternyata team dari Bosmobil sempat menjajal kualitas sound yang terpasang pada sedan ini, pasti penasarankan, kita simak aja liputan ringan ala Bosmobil :

    Step pertama ada di sektor Sound stage, sound stage sendiri merupakan gambaran layaknya sebuah panggung tempat di mana menikmati suatu musik dan ketika itu pula kita akan merasakan adanya Distance to Soundstage atau jarak pendengaran telinga dengan penyanyi, Stage Width yang merupakan jarak pangung kiri dan kanan, Stage Height tinggi panggung, Stage depth kedalaman panggung dan banyak lainnya. Di sini team dari Bosmobil merasakan kedalaman yang sangat bagus untuk ukuran sebuah sedan dengan dashboard yang terlampau pendek, namun cukup disayangkan karena persisi tinggi panggung dirasa masih kurang  baik sehingga suara yang keluar seakan datang sisi bawah dan atas.


    Peninjauan ke dua masuk ke dalam segi imagingnya yang merupakan tata letak panggung, eitt … panggung di sini bukan benar-benar sebuah panggung layaknya konser-konser musik lhoo…panggung disini adalah dashboard yang memiliki batasan antara sisi kanan, kiri dan tengahnya. Dari segi ini bosmobil menilai secara keseluruhan fokus suara cukup baik, hanya sedikit ngeblur pada posisi left center dan rightnya. Sedangkan separasi suaranya juga sangat baik sehingga terdengar jelas posisi instrument dan penyanyinya.

    Lanjut ke Tonal acuary yang merupakan penilaian dari suara yang dihasilkan oleh soundnya,  pada bagian ini penilaian cukup baik untuk sub dan midbassnya apalagi tidak adanya delay walau untuk seukuran mobil sedan. Sedangkan untuk mid-hinya terasa sangat mewah tapi sedikit kurang dynamic.

    Penilaian berikutnya masuk ke sektor Overall Spectral balance yang merupakan penilaian keselerasan diantara semuanya instalasinya. Keharmonisan antara frekuensi sangat berimbang dan cukup baik hingga tidak ditemukannya ‘over peak’. Sambung ke sisi listening pleasurenya, team dari Bosmobil merasa cukup nyaman untuk mendengarkan lagu di dalam Camry milik Mr. Nice ini, hanya saja kurang “airy” sehinga sedikit kurang nendang ….

    Uji Dengan CD EMMA 2009/10 :
    Bagian track 4 alunan gitar bas dan drum simbal memiliki porsi yang cukup berimbang dan juga kedetailannya sangat terasa. Putaran berikutnya ada pada track 6, hentakan sub terdengar sangat solid dan tak terdengar delay dari bagian belakang, hanya saja vocal penyanyi sedikit kurang memiliki bodi dan dynamic, kekurangan lainnya saat penyanyi menjerit juga dirasa kurang optimal.  
    Yup walau demikian , team Bosmobil cukup mendapatkan sensasi yang asik dalam menikmati kualitas suara sound milik Mr. Nice. 

    Data & Fakta :
    Audio : Headunit Alpine 9861E, Prosesor PXA + RUX 701, speaker 3 way, Tweteer Seas, Midrange Viva, Midbass Venture, Power Planet Audio HVT 752 + Hifonics Zens, Venom. Suspensi : GAB wagon Adjustable, Interior : custom leather. Work shop : Mega Audio

    Sumber
    http://bit.ly/wxBT4T
     

    Leave a Reply